Sabtu, 15 September 2012

penyebab koneksi internet

Penyebab Koneksi Internet Lambat & Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Lambat


Penyebab Koneksi Internet Lambat - Karena banyaknya pencarian yang masuk pada postingan Tips Memilih Kartu Perdana Broadband Internet dengan kata kunci yang berhubungan dengan postingan kali ini yaitu Penyebab Koneksi Internet Lambat. Membuat sayapun mencari tahu ada apakah gerangan? hohoho. Khususnya koneksi Internet yang lambat pada bulan Maret sampai April tahun 2012 ini. Ya, memang terasa lambat yang lambatnya itu tidak seperti biasanya. Bisa jadi mungkin karena gangguan provider, tapi ini beda loh. Saking lambatnya jadi bikin jengkel juga, hehe. Membuat aktifitas ngeBlog-pun jadi terganggu. Apalagi kalau sobat yang hobi surfing internet atau nonton Film di Youtube, pasti merasakan kekesalan sama halnya seperti saya, betul? lalu apa penyebabnya? Adakah provider Internet tercepat 2012 yang bisa menjadi solusi untuk Koneksi Internet Lambat.

Nah loh, saya sendiri saja bingung kalau disuruh jawab pertanyaan seperti itu. Sulit juga kalau menjawab pertanyaan “Adakah Cara Mempercepat Koneksi Internet supaya tidak lambat” hohoho. Back to subject, Penyebab Koneksi Internet Lambat. Khususnya saat ini, dimana gangguan Internet yang dialami para pelanggan tidak hanya dari satu provider saja. Hampir semua provider mengalami kelambatan koneksi Internet, baik itu Smartfren, AS, XL, Telkomsel dan lain sebagainya. Hal ini saya ketahui ketika teman-teman di Facebook yang curhat di wallnya karena Koneksi Internet yang lambat. Atau mungkin dari provider Internet seperti AHA dan Flexi juga mengalami gangguan kelambatan. Koneksi Internet Lambat Pada dasarnya tidak hanya tergantung dari provider Internet yang digunakan. Lambat atau tidaknya koneksi Internet itu juga bisa jadi karena faktor dari kekuatan signal atau jangkauan signal yang berada di daerah dimana kita melakukan koneksi Internet. Apakah di sawah, perkebunan atau mungkin di hutan yang pasti akan terasa lambat,
Penyebab Koneksi Internet Lambat
Koneksi Internet
Faktor lain yang menjadi Penyebab Koneksi Internet Lambat adalah kemampuan Modem dalam menerima signal. Wah, jadi ingat kata Dosen saya di kampus. Beliau pernah menjelaskan Fungsi Modem sewaktu membahas Pengertian CDMA dan GSM serta Perbedaan CDMA dan GSM pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI). Temperatur Modem karena lamanya penggunaan bisa jadi penyebab koneksi Internet lambat. Jika Modem Internet semakin panas, pastilah koneksi Internet juga lambat. Meskipun dibeberapa kasus tidak mengalaminya. Ada juga Modem yang bisa tahan walau sampai 24 jam non-stop dipakai Internatan, hohoho. Ya, itu kembali lagi pada kualitas Modem yang kita beli dari pasaran.
Faktor berikutnya adalah banyaknya user atau pengguna yang memakai akses Internet di jalur yang sama dan diwaktu bersamaan juga merupakan Penyebab Koneksi Internet Lambat. Umumnya pada saat jam istirahat, menjelang sore hingga sebelum tengah malam. Di beberapa provider biasanya besarnya kecepatan akses Internet sudah ditentukan berdasarkan jumlah pengguna yang dibagi. Jika batasan jumlah pengguna itu melebihi batasan yang sudah ditentukan, maka hal ini akan menyebabkan kecepatan Internet menjadi lambat karena harus dibagi ke beberapa jumlah pengguna lagi. Sebagai contoh koneksi Internet yang kita gunakan adalah sebesar up to 3Mbps, tetapi provider hanya membatasi untuk 30 pengguna, jika pengguna yang online bersamaan waktu itu sebanyak 90 pengguna. Maka sudah pasti provider akan membagi kecepatan tersebut menjadi sepertiganya. Itu kalau 3Mbps dibagi sepertiga menjadi 1Mbps pun masih dirasa cepat, menurut saya. Nah, kalau akses Internet dengan kecepatan 384kbps seperti yang saya gunakan, hehehe.
Penyebab Koneksi Internet Lambat juga bisa karena faktor eksternal yaitu perangkat keras (Hardware). Kualitas modem, keadaan kartu chip yang rusak, atau mungkin komputer atau laptop yang terkena Virus yang menyebabkan lambatnya akses Internet. Jika provider menyertakan kecepatan up to 3Mbps, bukan berarti juga kecepatan yang kita dapatkan akan ril sebesar itu. Namanya juga Up To (sampai dengan). Ditambah lagi dengan faktor-faktor pendukung yang menjadi Penyebab Koneksi Internet Lambat tersebut. Pasti akan terasa semakin lambat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar