Sabtu, 13 Oktober 2012

membuat Aplikasi client/server dan web dengan powerbuilder 11.5



oleh Syahrial Chan

SINOPSIS

PowerBuilder adalah enterprise development tool untuk membuat aplikasi database secara visual, seperti aplikasi client/server (window base), multi user dan aplikasi internet (web base) dengan metode Rapid Application Development-metodologi pengembangan aplikasi dengan cepat.
PowerBuilder begitu mudah digunakan. Apabila Anda membuat aplikasi dengan development tool lainnya yang membutuhkan waktu 3 bulan, maka dengan PowerBuilder Anda bisa menyelesaikannya dalam tempo 1 bulan atau bisa kurang. Aplikasi client/server yang Anda buat dapat langsung di-deploy menjadi aplikasi web base yang dapat berjalan secara online di browser. Dengan PowerBuilder, Anda bisa membuat aplikasi .NET lebih dan tanpa harus belajar .NET. Selain itu, PowerBuilder juga mendukung pemrograman dengan multi database dengan platform yang berbeda yang dapat digunakan secara langsung dalam satu aplikasi.

Pembahasan dalam buku mencakup:
- Konsep dasar PowerBuilder, instalasi, objek (aplikasi, window utama, menu utama) dan perintah-perintah dasar PowerBuilder.
- Membuat workspace, target; membuat, menambah, menggabungkan serta mengurangi file pbl; membuat, memindahkan dan menghapus objek.
- Menggunakan skrip dalam penyusunan program aplikasi.
- Painter PoweScript untuk menulis skrip.
- Membuat menu utama, sheet dan laporan.
- Membuat window utama, login, sheet, laporan; event dan animasi.
- Membuat database, tabel, input data, menampilkan data, trigger, penanganan error, membuat user, backup dan restore database. - Membuat dan menggunakan DataWindow untuk entri data (master dan transaksi), dropdown, pemanggil dan laporan serta warna gradient.
- Pendistribusian aplikasi mulai dari persiapan, pembuatan file EXE, file runtime, instalasi database dan aplikasi pada > Komputer user.
- Membuat aplikasi web base yang bisa online di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar