Minggu, 14 Oktober 2012

WEB SERVER

Web Server merupakan salah satu layanan Internet yang mampu melayani koneksi transfer data dalam protocol HTTP ( Hypertext Transfer Protocol ). Web server saat ini merupakan inti dari server – server di internet selain FTP, Mail Server dan lainnya. Web Server saat ini telah dirancang untuk dapat melayani beragam jenis data, mulai dari Tekx, Gambar, Suara, Video dan lain sebagainya. Web Server pada umumnya melayani data dalam bentuk HTML ( Hypertext Markup Language ). Dari file HTML ini kemudian dapat dikaitkan ke file HTML lainnya, ke file gambar dan file yang lainnya.

Sebenarnya, tanpa menggunakan Web server pun kita sudah dapat menjalankan file HTML, hanya saja file HTML tersebut hanya dapat di lihat di komputer kita sendiri. Maka dari itu kita membutuhkan suatu Aplikasi Server yang dapat membagikan atau mempublikasikan file – file HTML ( Web ) kita agar komputer lain dapat melihat file HTML ( Web ) kita. Tapi itu semuanya masih merupakan Aplikasi Web Statis, artinya informasi yang berada di Web kita hanya bersifat statis alias tidak dapat berubah – ubah dan tidak dapat berinteraksi dengan user yang membuka Web kita. Untuk itu di Aplikasi Server kita harus di Install juga Aplikasi Server Side dan juga Database Server. Dengan adanya Web Server yang sudah lengkap dengan Aplikasi Server side serta Database server, Aplikasi Web kita akan dapat berinteraksi dengan pengunjung sehingga Aplikasi Web kita akan terkesan lebih Dinamis.

PEMBAHASAN
Server web adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.
Saat sekarang ini terdapat beberapa Aplikasi Web Server yang semuanya mempunyai kekurangan serta kelebihannya masing masing. Berikut diantaranya yang termasuk ke dalam jenis web server :
  1. Apache Web Server – The HTTP Web Server

  2. Apache Tomcat

  3. Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)

  4. Lighttpd

  5. Jigsaw

  6. Sun Java System Web Server

  7. Xitami Web Server

  8. Zeus Web Server
Diantara kedelapan jenis web server diatas, aplikasi yang sering digunakan untuk sekarang ini adalah IIS dan APACHE.
Berikut sekilas pembahasan lebih dalam mengenai apa itu IIS dan APACHE.

^_^ IIS ( Internet Information Service )
IIS merupakan Aplikasi Web Server yang berjalan di Sistem Microsoft Windows, IIS menggunakan Script ASP ( Active Server Page ) untuk membuat suatu Aplikasi Web yang Dinamis, sehingga semua File file yang berjalan di Web Server IIS akan mempunyai ekstensi .asp ( Contoh : index.asp ). Selain Script ASP, IIS juga dapat menggunakan Script – script lainnya seperti VBScript, Java Script. Untuk databasenya IIS selain menggunakan Ms Access, juga menggunakan Ms SQL Server.
Saat ini IIS telah berkembang dengan menggunakan teknologi .NET yang dapat memberikan Fitur – Fitur lebih dibandingkan versi sebelumnya. File-file yang berjalan di Web Server yang menggunakan IIS dengan teknologi .NET akan mempunyai ekstensi .aspx.
IIS sebenarnya telah di include di Windows XP, maka dari itu kita dapat bereksperiment membuat Aplikasi Web dengan menggunakan IIS dan ASP,  hanya saja IIS bawaan XP belum dapat digunakan untuk mempublikasikan Aplikasi Web Dinamis kita., tapi itu semuanya dapat kita akali dengan cara menyewa Web Hosting ataupun mendaftar di Web Hosting Gratis seperti www.domaindlx.com atau yang lainnya. Jadi kita dapat membuat terlebih dahulu Aplikasi Web kita di Windows XP, jika semuanya telah kita Test dan berjalan dengan baik, baru kita publikasikan dengan cara menyewa Web Hosting ataupun mendaftar ke Web Hosting yang gratis. Atau kita bisa juga menginstall Windows Server untuk dapat memiliki Web Server IIS dan yang pasti dengan menggunakan Windows Server kita juga dapat Mempublikasikan Website kita. Dan pastinya kita juga dapat menggunakan faasilitas yang lainnya seperti Active Directory, DNS server dan juga DHCP Server.
^_^ APACHE
Apache merupakan Aplikasi Web Server yang paling banyak digunakan saat ini, selain dapat berjalan di banyak Operating System seperti Windows, Linux dan lainya, Apache juga bersifat Open Source alias Gratis. Secara default Apache menggunakan Script PHP dan menggunakan MySQL sebagai Data Base nya dan kesemuanya itu dapat di gunakan secara Gratis pula.

Apache di Ms Windows
Ada beberapa Aplikasi Apache yang dapat berjalan di Windows yaitu :
  • Apache2triad

  • XAMPP

  • WAMPP

  • Dll



Apache di Linux
Di linux pun ada beberapa Aplikasi Apache, yaitu :
  • LAMPP

  • XAMPP

  • Atau kita bisa juga menginstall satu persatu seperti apache ( httpd ), PHP dan mysql melalui Source code yang dapat di download di Internet secara Gratis.
Untuk membuat suatu aplikasi Web yang dinamis, kita tidak cukup hanya menggunakan file HTML saja, untuk itu dibutuhkan Script Pendukung seperti PHP, ASP, Java Script, VB Script dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar