Senin, 08 Oktober 2012

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HARDWARE DIDUNIA

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HARDWARE DI DUNIA

      Perkembangan computer dimasa yang lalu sangat jauh berbeda dengan computer sekarang, perkembangan computer sekarang di ikuti oleh perkembangan hardware. Computer dimasa mendatang bisa jadi berbeda dengan computer pada masa kini. Hal ini disebabkan adanya pengembangan prosesor ke pelbagai arah.
       Mikroprosesor pertama kali diciptakan yaitu intel 4004, yang diperkenalkan pada tahun 1971. Prosesor ini sangat sederhana, hanaya bisa memerlukan operasi sebesar 4 bit per waktu. Aplikasi prosesor ini adalah untuk menyusun kalkulator elektronik portable.
       Mikroprosesor pertama kali digunakan untuk computer rumah injtel 8080 yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1974. Prosesor ini berukuran 8 bit , digunakan pertama kalai ke bit altair. Kit buatan MITS yang diperkenalkan pada tahun 1975 inilah yang dianggap sebagai cikal bakal computer personal yang pertama. Namun yang dinamakan PC seperti sekarang yang diperkenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1982, yang disebut IBM PC.. computer ini menggunakan prosesor intel 8088 yang sebenarnya telah diperkenalkan pada tahun 1979.
       Mikroprosesor yang digunakan pada PC dari waktu ke waktu juga berubah. Prosesor-prosesor yang digunakan pada akhir tahun 2002 adalah 8088, 80286, 80486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium 4. sebagai bahan perbandingan prosesor Pentium 4 mempunyai kecepatan 5000 kali lebih cepat daripada prosesor 8088. perkembangan kecepatan prosesor yaitu intel Celeron 500 MHz, Intel Pentium 41.76 GHz, dan AMD Athlon 1 GHz.
             Prosesor merupakan salah satu komponen terpenting dalam system computer. Prosesor bisa disebut sebagai otak computer. Prosesor hanya bertindak sebagai mesin pemroses tetapi tidak berfungsi sebagai pengingat ditangani oleh komponen tersendiri yang dinamakan memori yang dinamakan memori.
Prosesor memegang peranan penting dalam system computer dalam berbagai aspek seperti kenerja, dukungan perangkat lunak, keandalan dan stabilitas, pendingin dan komsumsi energi, dan dukungan motherboard.
Berikut ini daftar perkembangan prosesor keluaran intel setiap tahunnya:
Nama :
a. 8080 (1974)
b. 8088 (1979)
c. 80286 (1982)
d. 80386 (1985)
e. 80486 (1989)
f. Pentium (1993)
g. Pentium II (1997)
h. Pentium III (1999)
i. Pentium 4 (2000)

Arah Komputasi Di Masa Mendatang
Seiring dengan perkembangan mikroprosesor , maka dapat di perkirakan arah komputasi dimasa mendatang yaitu :
1 . CIP DSP
Cip DSP (digital signal processing) merupakan jenis chip yang ditujukan secara khusus untuk menangani pemrosesan suara dan video dan kemampuan pemanipulasian yang sangat cepat. Dimasa mendatang cip seperti ini bisa digunakan dalam computer, misalnya untuk membantu system pendengaran manusia.
2. Nanoteknologi
Teknologi ini, atom atau molekul yang berukaran dalamn orde nanometer dijadikan sebagai dasar untuk menciptakan mesin berukuran sangat kecil yang digunakan untuk menyimpan data atau melakukan tugas-tugsa tertentu. Sebagai contoh , computer molekuler menggunakan sebuah molekul untuk menggantikan transistor silicon, sedangkan computer titik , menggunakan sebuah electron untuk menggantikan transistor
3. Komputasi Optik
Komputasi dimasa mendatang bisa jadi tidak lagi menggunakan elektronika melainkan memakai optic atau optoelektronika. Dengan demikian cahaya akan menggantikan electron. Diharapkan komputasi optic dapat memproses ratusan kali lebih cepat daripada computer yang berbasis elektris.
4. Komputasi DNA
Komputasi ini didasarkan kenyataan bahwa informasi dapat ditulis ke setiap molekul ke DNA. Dengan biteknologi , DNA sintesis dapat dipakai untuk mempresentasikan sejumlah symbol untuk menggantikan system biner.
5. Komputasi Kuantum
Komputasi ini didasarkan pada teori mekanika kuantum. Informasi ini tidak lagi dinyatakan dengan 0 dan 1, melainkan dinyatakan dengan keadaa-keadaan partikel dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar