Minggu, 07 Oktober 2012

Perkembangan TEKNOLOGI semakin semarak di dunia

Perkembangan TEKNOLOGI
semakin semarak di dunia

Teknologi digital menciptakan fenomena baru dalam pengalaman berkomputasi. Semakin kecilnya ukuran mikroprosesor memungkinkan bertambah banyaknya fungsi yang ditanam dalam suatu prosesor. Sejak diperkenalkannya fungsi multimedia pada sebuah komputer, perkembangan kualitas audio visual meningkat secara drastis. Saat ini prosesor sedang mengalami transisi. Intel akan segera memperkenalkan produk terbarunya yang menggunakan core dengan codename Prescott. Prosesor ini akan memiliki kecepatan paling tidak 3,2 GHz. Peningkatan yang signifikan adalah besaran L2 cache yang menjadi 1024 kb (pada Pentium 4 hanya 512 MB) dan kemungkinan beroperasi pada Front Side Bus 1066 MHz.
Pentium 4 Extreme Edition yang memiliki cache level 3 sebesar 2 MB. Dengan kecepatan clock 3,2 GHz. Prosesor desktop AMD ada dua jenis yaitu, Athlon64 dan Athlon64 FX (dual channel), yang akan bergabung dengan Opteron server dari prosesor 64 bit AMD) yang telah lebih dulu dipasarkan. Chipset pendukung prosesor tersebut juga akan muncul dalam berbagai pilihan, karena selain Intel dan AMD, VIA, Nvidia, dan SIS juga akan meluncurkan chipset yang dapat mengoptimalkan prosesor-prosesor baru tersebut. Prosesor-prosesor ini akan membawa lebih banyak fungsi yang mendukung multimedia. Produsen GPU (Graphical Processing Unit) semacam ATI dan Nvidia juga terus berlomba untuk menciptakan produk yang dapat mendominasi pasar. Bahkan kini muncul satu lagi pemain yang akan meramaikan pasar dengan cukup ambisius, yaitu XGI dengan produknya Volari.
Bila kebanyakan konsumen masih menghubungkan DVD player dengan televisi, komputer dapat menjadi media hiburan yang lebih canggih dengan menawarkan kualitas gambar yang lebih tinggi. Konfigurasi yang sederhana adalah dengan menggunakan DVD ROM dan mengoneksikan komputer dengan monitor LCD, TV plasma, atau LCD projector. Pada dasarnya tampilan komputer diolah dan ditampilkan dalam bentuk piksel bukan garis seperti umumnya televisi sehingga perubahan resolusi yang diolah secara digital akan mudah meningkatkan kualitas gambar.
Pada dasarnya komputer yang layak digunakan sebagai sarana hiburan tentu juga layak dipakai untuk kerja. Dengan sebuah prosesor Intel 3,2 GHz, memori RAM 1,0 GB, kartu grafis dengan prosesor ATI Radeon 9800, DVD-R/RW, DVD ROM, hard disk 80-120 GB, dan sound card berkualitas tinggi keluaran Creative atau Terratec, kita sudah dapat melakukan perekaman film, memanipulasi foto, membuat MP3, dan lain-lain.Dengan menggunakan sebuah monitor LCD berukuran 17 inci, kita dapat memainkan seluruh game berbasis 3D keluaran terbaru dan dengan tambahan sebuah LCD projector atau TV plasma, melalui komputer ini kita juga dapat menonton film seperti layaknya di bioskop. Salah satu proyektor yang menarik untuk disimak adalah Christie Digital yang menggunakan teknologi DLP (Digital Light Processing). Pada tipe DS30, daya pancar yang dihasilkan sebesar 3.000 Lumens dan rasio kontras 1.000:1, sementara resolusi yang dapat dicapai adalah 1280 x 1024 dengan berat hanya 3 kilogram.
Teknologi kamera digital dan video camera juga berkembang dengan pesat. Semua hasil rekaman dapat langsung dipindahkan ke dalam komputer dengan kecepatan tinggi untuk kemudian diedit, atau direkam ke dalam piringan CD atau DVD. Nikon bahkan telah selangkah lebih maju dengan memperkenalkan digital camera tipe D2H yang dapat mentransfer data secara nirkabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar