Selasa, 27 November 2012

Komputer Sering Terinfeksi Virus

Komputer Sering Terinfeksi Virus

by Ardiawan on 13 February 2010
Baru-baru ini, saya baru menginstal ulang laptop saya karena terinfeksi virus jahat, padahal sebulan yang lalu saya telah instal ulang laptop karena terkena masalah yang sama. Padahal sebelumnya tidak ada tanda-tanda virus yang menginfeksi laptop saya, karena saya langsung mengkarantina file-file yang terdeteksi mengandung virus oleh anti virus gratisan yang cukup ampuh seperti Smadav (untuk masalah virus dalam negeri) dan Avira (untuk masalah virus luar negeri). Entah dari mana virus itu datang, tapi sejak kakak saya main laptop pada malam hari, paginya laptop saya tidak bisa diakses karena sistem komputernya telah diblokir oleh program jahat.
Yang saya takutkan dari virus adalah apabila mengandung spyware, yaitu program jahat untuk mencuri data-data penting seperti kartu kredit, tapi alhamdulillah sejak terakhir instal ulang laptop, saya belum memasukkan data-data penting seperti itu.Tapi untuk masalah data username dan password paypal, email, dan situs-situs penting lainnya saya masih ragu-ragu apakah sudah dicuri atau belum, soalnya tukang servis komputernya tidak memperingati saya, tapi mungkin sebaiknya saya ganti saja passwordnya ya.

Semoga saja hal ini tidak terulang lagi, sayang jika setiap bulan harus mengeluarkan uang Rp 100.000 untuk biaya instal ulang komputer, mendingan pakai antivirus Kaspersky meskipun harganya cukup mahal untuk kontrak pertahunnya. Soalnya biasanya jangka waktu instal ulang komputer saya 6 bulan sekali, yaitu pada saat file yang mengandung virus sudah cukup banyak sehingga virusnya harus dibuang.
Sedikit tips sederhana bagi anda yang tukang download agar komputer anda terhindar dari infeksi virus, yaitu kalau download di warnet aja yang udah ada antivirus, dan sebelum masukin flashdisk anda ke komputer manapun, di scan dulu flashdisk-nya ya.. siapa tau flashdisk anda mengandung virus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar