Minggu, 11 November 2012

TIPS MEMILIH SMART TV TERBAIK

Tips Memilih Smart TV Terbaik

Written By:
| January 31, 2012
| Posted In:
Tips Memilih Smart TV Terbaik
Saat ini sering kita dengar istilah Smart TV di koran, majalah, situs internet bahkan dalam percakapan sehari-hari. Tetapi apakah Smart TV itu? Smart TV atau TV pintar adalah sebuah perkembangan dalam teknologi televisi yang menggabungkan antara fungsi TV dan internet. Smart TV memungkinkan pemirsa dapat mengakses Youtube, Facebook atau situs populer lainnya sambil menonton TV sehingga fungsi TV menjadi lebih maksimal yaitu sebagai sarana hiburan, informasi dan edukasi.
Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa produsen televisi yang mengeluarkan produk Smart TV di antaranya LG, Samsung, Sony, Panasonic dan Toshiba. Masing-masing merek menawarkan berbagai fitur yang menarik. Hal inilah yang seringkali membuat bingung calon konsumen yang akan membeli Smart TV.
Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman saya saat akan membeli Smart TV. Beberapa bulan yang lalu saya dan keluarga berniat untuk membeli sebuah Smart TV. Saya dan keluarga saya kemudian mengunjungi sebuah pameran elektronik dengan maksud bisa membeli Smart TV dengan harga yang lebih murah karena biasanya ada harga promo saat pameran. Dan seperti biasa saya bingung memilih yang mana karena setiap merek menawarkan Smart TV dengan fitur menarik dan harga kompetitif. Tapi dari sekian banyak merek saya tertarik dengan 2 Smart TV keluaran Samsung dan LG yaitu Samsung Smart TV D7000 dan LG Smart TV LW5700. Secara bentuk keduanya hampir serupa hanya saja Samsung D7000 memiliki desain yang lebih stylish dibanding LG LW5700. Tapi saya sekeluarga tidak terlalu memperhatikan desainnya, saya lebih fokus memperhatikan fitur-fitur yang ada pada kedua Smart TV tersebut. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian saya dalam memilih Smart TV
Kemudahan dalam mengakses aplikasi/konten dalam Smart TV
Hal pertama yang saya lihat saat menggunakan Smart TV adalah tampilan muka (Home dashboard). Tampilan home dashboard yang menarik serta serta penataan menu yang baik yang bisa memudahkan dalam memilih aplikasi menjadi perhatian utama saya. Pertama-tama saya lihat tampilan aplikasi pada Samsung Smart TV. Menurut saya tampilannya kurang menarik, penempatan fitur-fiturnya kurang tertata dengan baik. Ukuran ikon fiturnya hampir sama semua sehingga mengganggu konsentrasi saya dalam memilih.
Sedangkan tampilan aplikasi LG Smart TV sudah terletak di dalam launch bar sesuai kategori yang ada sehingga tak sulit mencari aplikasi yang diinginkan. Sebagai informasi bahwa LG Smart TV meraih penghargaan CES 2011 dalam kategori Desain Dashboard terbaik di Las Vegas, USA tahun 2010.

Selain itu fungsi remote control yang praktis juga menjadi faktor kunci dalam kemudahan dalam mengakses aplikasi dalam Smart TV. Dalam pengoperasiannya Samsung Smart TV mengandalkan remote control dual side qwerty dimana terdapat banyak tombol sehingga menyulitkan pengguna dalam memilih aplikasi yang diinginkan.

Dalam hal ini LG menawarkan inovasi baru dalam Smart TV andalannya. LG Smart TV kini dilengkapi Remote Control berbasis Magic Motion Remote yang memungkinkan kita mengakses tayangan dengan mudah karena Remote Controlnya sengaja di Design sangat praktis untuk dipakai dan tidak menggunakan banyak tombol yang memusingkan tinggal Point, Click dan control lebih mudah layaknya sebuah mouse. Bagi pemilik perangkat Android ataupun Apple seperti Android Smartphone dan Apple iPhone, LG menawarkan applikasi yang dapat didownload melalui Android Market dan Apple App Store, sehingga kita dapat menggunakan Smartphone untuk mengontrol Smart TV layaknya menggunakan Magic Motion Remote Control.

Kemudahan dalam berkoneksi
Kemudahan dalam berkoneksi dengan internet, aplikasi serta perangkat elektronik lainnya menjadi salah satu keunggulan pada berbagai Smart TV yang ditawarkan saat ini. Setiap merek mengklaim bahwa Smart TV merekalah yang paling baik dalam masalah konektivitas dengan media lainnya.
  • Data share
    Pada Samsung Smart TV pemindahan data dari perangkat elektronik ke TVnya menggunakan Smart Hub

    Sedangkan pada LG Smart TV pemindahan datanya menggunakan fitur Smart Share.Fungsi Smart Share adalah memudahkan Anda untuk berbagi data dari berbagai perangkat elektronik digital seperti kamera, handphone, tablet dan komputer ke layar TV Anda dengan tanpa kabel. Smart Share ini dirancang untuk memudahkan kita berbagi data tanpa harus menggunakan kabel yang sulit. Bisa Menggunakan USB dan Memory Card, lalu ada yang namanya DLNA Support (Nero Media Home), fungsinya untuk menghubungkan antara TV dan PC dimana TV sebagai klien dan PC sebagai server untuk sharing data seperti image, video, dan musik.
  • Media Link
    Pada Samsung Smart TV menampilan ikon aplikasi media link mirip dengan tampilan dalam PC pada umumnya.

    Sedangkan pada LG Smart TV tampilannya lebih elegan dan modern. Pola penempatan fiturnya sangat enak dipandang sehingga memudahkan saya dalam memilih dan melakukan penjelajahan dunia maya.
  • Web Browser
    Pada Samsung Smart TV disediakan space yang cukup besar bagi penikmat internet TV dan diharapkan konsumen bisa lebih mudah menjelajah dunia maya.
    Sedangkan pada LG Smart TV tampilan web browsernya tidak jauh beda dengan web browser yang ada di komputer. Tampilannya persis dengan tampilan Google Chrome, terdapat 3 tabs di dalamnya yaitu tab home/URL, tab favourite, dan tab history.
Memiliki beragam aplikasi dan hiburan
Salah satu alasan saya memilih Smart TV adalah adanya beragam aplikasi dan hiburan yang menarik. Dan kemudahan bagi saya untuk menambah aplikasi tersebut sesuai dengan yang saya inginkan. Pada Samsung Smart TV terdapat fitur Samsung Apps yang merupakan kumpulan dari berbagai macam aplikasi internet yang secara khusus dibuat untuk TV anda.

Sedangkan pada LG Smart TV terdapat sedikitnya 50 aplikasi yang ditawarkan, semuanya dapat  Anda unduh, mulai dari games, juga  aplikasi pendukung kegiatan Anda. Pengunduhan pun dapat dilakukan langsung dari TV melalui LG Apps Store. Aplikasi pun dapat di copy-paste ataupun di-delete. Dan juga, Anda dapat menjadikan 2 aplikasi favorit pada Dashboard Anda.

Memiliki Fitur khusus yang tidak dimiliki Smart TV lain
Memiliki fitur khusus yang tidak dimiliki merek lainnya merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk memilih Smart TV. LG melalui Smart TV andalannya menyajikan konten lokal seperti Liputan 6, detikcom, kaskus dan sebagainya. Menurut pihak LG, Smart TV yang hadir di Indonesia sebaiknya memiliki fitur konten lokal yang bisa dengan mudah dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Setelah mempertimbangkan fitur-fitur yang ada pada kedua Smart TV itu akhirnya saya dan keluarga memilih LG Smart TV sebagai TV pintar yang paling pas bagi keluarga saya. Fiturnya sangat lengkap dan inovatif. Saya harap LG Smart TV bisa selalu menjadi media hiburan dan edukasi dalam keluarga saya.

1 komentar: